Home » » Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Written By Wahyu Hilmi on Minggu, 30 Desember 2012 | 21.05



Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Motivasi adalah motif atau dorongan yang dimiliki oleh seseorang  dalam melakukan tindakan. Hal ini menegaskan bahwa motivasi adalah satu faktorp penting untuk keberhasilan seseorang dalam melakukan suatu tindakan, termasuk dalam belajar di sekolah. Motivasi ini mtlak di miliki oleh seorang siswa demi keberhasilannya dalam belajar. Motivasi ada dua macam yaitu moivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik adalah motivasi yang muncul dari dalam diri, sedangkan
motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang muncul dari dalam diri. Para ahli sudah menjelaskan bagaimana cara meningkatkan motivasi, khususnya motivasi siswa dalam belajar, karena saat ini banyak sekali siswa-siswa di sekolah yang kurang memiliki motivasi dalam belejar, mereka lebih suka pada hala-hal lain yang sifatnya malah dapat mengganggu belajar, mereka. Berikut adalah beberapa upaya yang bisa di lakukan oleh guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa:
§  Mengajar dengan menggunakan pembelajaran yang komunikatif dan kreatif, dalam hal ini kemampuan guru ketika menggunakan media pembelajaran sangat penting. Proses pembelajaran tidak boleh monoton tapi harus kreatif. Dalam hal ini tentunya guru haru selalu senantiasa melakukan pengembangan diri, dengan berbagai hal seperti seminar, maupun pelatihan-pelatihan.
§  Memberikan reward atau hadiah, sebuah perilaku yang di munculkan siswa atas hasil yang diperolah perlu mendapatkan respon dari seorang pengajar. Respon ini biaanya dalam bentuk reward atau hadiah kepada siswa yang menunjukkan perubahan perilaku dalam belajar. Reward ini jangan sampai yang berlebihan, karena kalau berlebihan bisa menimbulkan kecemburuan sosial diantara para siswa.
§  Memberikan nilai secara objektif, sering kali kita mungkin menemuai beberapa siswa yang komplin kepada guru karena ternayata nilai yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan padahalal mereka sangat yakin selama ini sudah melakukan yang terbaik dan berusaha melakukan belajar secara benar. Jika hal ini terjadi biasanya minat dan motivasi belajar siswa bisa menurun yang akhirnya berdampak pada prestasi belajarnya
§  Memberikan kesempatan siswa untuk memperbaiki kesalahan. Banyak kita melihat di lapangan kadang ada beberapa oknum guru yang yang memberikan stigma buruk pada salah seorang siswa hanya gara-gara siswa tersebut melakukan kesalahan yang entah di sengaja atau tidak menyinggung perasaan serorang guru. Hal ini sebisa mengkin harus di hindari karena jika tidak siswa akan mengalamai patah semangat dalam belajar.
Beberapa hal di atas adalah beberapa dari sekian banyak cara yang bisa di laukuan untuk memotivasi semangat belajar siswa. Tentunya setiap guru punya cara sendiri-sendiri dalam hal ini, dan apapun caranya itu sah-sah saja selama masih sesuai dengan koridor daan tidak menympang dari haluan dan pedomen pendidikan yang berlaku di suatu sekolahan.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Contact : Facebook | Twitter | Wahyukeoz Blog's
Copyright © 2013. Wahyukeoz Blog’s - All Rights Reserved
Template Created by Wahyu Hilmi Published by Wahyu Hilmi
Proudly powered by Blogger